RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : SLB Negeri 1 Gunungkidul
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti
Materi Pokok : Tanggung Jawab Memelihara Flora Fauna
Kelas/ Semester : 3 Tunarungu/I
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
A. Kompetensi Inti
|
KI. 1 |
: |
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya |
|
KI. 2 |
: |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru |
|
KI. 3 |
: |
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
|
KI 4. |
: |
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar disesuaikan dengan kompetensi dasar autis di tingkat sekolah dasar yang telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan nomor 10/D/KR/2017 tentang Struktur kurikulum, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus jam tatap muka tia jam pelajaran 30 menit.
|
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
1.1 Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna di sekitarnya |
1.1.1 Meyakini flora dan fauna sebagai ciptaan Allah
|
|
2.1 Bertanggung jawab memelihara flora dan fauna di sekitarnya |
2.1.1 Memelihara flora dan fauna sebagai ciptaan Allah sebagai rasa syukur |
|
3.1 Mengenal contoh perilaku bertanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna di sekitarnya |
3.1.1 Menulis urutan penciptaan 3.1.2 Menyebutkan contoh flora 3.1.3 Menyebutkan contoh fauna
|
|
4.1 Mempraktikkan sikap bertanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna di sekitarnya |
4.1.1 Mempraktekkan cara merawat flora
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati berbagai macam ciptaan Allah, peserta didik mampu:
1.1.1 Meyakini flora dan fauna sebagai ciptaan Allah.
2.1.1 Memelihara flora dan fauna sebagai ciptaan Allah sebagai rasa syukur
3.1.1 Menulis urutan penciptaan
3.1.2 Menyebutkan contoh flora
3.1.3 Menyebutkan contoh fauna
4.1.1 Mempraktekkan cara merawat flora
D. Materi Pembelajaran
1) Penciptaan berlangsung selama 6 hari. Dari pemahaman itu siswa mempunyai keyakinan flora dan fauna sebagai ciptaan Allah.
2) Ada berbagai macam flora dan fauna, kegiatan menyiram dan membersihkan daun yang kering semua yang kita lakukan merupakan memelihara flora dan fauna sebagai ciptaan Allah sebagai rasa syukur
3) Dengan menonton video, menulis urutan penciptaan, contoh flora dan fauna Siswa bisa memahami flora dan fauna itu ciptaan Tuhan yang harus ia pelihara
4) Dengan menyiram bunga dan membuang daun kering di bunga siswa mampu mempraktekkan cara merawat flora
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Pendekatan Teologis
3. Metode: PAKEM
F. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media:
· Video penciptaan menurut Kejadian 1
· Gambar urutan penciptaan
· Gambar flora
· Gambar fauna
2. Alat :
- Laptop
- Ember dan gayung
- Sapu lidi dan pengki
3. Sumber Pembelajaran :
1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 3 Jakarta
2) Kepustakaan:
- LAI, 1974, Alkitab Elektronik , 2.00
- I. Snoek, 1993, Sejarah Suci, Jakarta, BPK Gunung Mulia
G. Kemampuan Awal siswa
· Siswa memiliki IQ 100
· Siswa tidak ada sisa pendengaran
· Siswa sudah bisa menulis huruf tegak bersambung
· Siswa baru menulis kata kata sederhana
· Siswa baru bisa mengucapkan kata sederhana
· Siswa tertarik dengan TI
· Siswa kosentrasi dalam 5 menit, jadi sebisa mungkin kegiatan pembelajaran harus variatif
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Di SLB, menurut Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan nomor 10/D/KR/2017 tentang Struktur kurikulum, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus jam tatap muka tia jam pelajaran 30 menit.
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1) Guru menanyakan kabar siswa
2) Apersepsi: Guru bertanya: Bagaimana kalian, sehat ?
3) Guru mengingatkan pentingnya protokol kesehatan, cara cuci tangan
4) Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran .
Meyakini flora dan fauna sebagai ciptaan Allah.
Memelihara flora dan fauna sebagai ciptaan Allah sebagai rasa syukur
Menulis urutan penciptaan
Menyebutkan contoh flora
Menyebutkan contoh fauna
Mempraktekkan cara merawat flora
Namun dirangkum dengan bahasa singkat dan jelas. Flora dan fauna diciptakan Tuhan. Manusia mempunyai tugas untuk memeliharanya.
b. Kegiatan Inti (20 menit)
Tahapan mengajar di kelas tunarungu:
1) Mengamati
Siswa diajak melihat video tentang penciptaan
2) Menanya
Siswa mengerjakan lembar untuk memastikan urutan penciptaan selama 6 hari. Kemudian menulis di buku dan mneyebutkannya
3) Mengumpulkan informasi, mencoba
Siswa melihat gambar flora dan fauna kemudian menyebutkan namanya
4) Mengasosiasi
Siswa mengelompokkan gambar flora dan fauna, menyebutkan namanya dan menulisnya dengan huruf tegak bersambung
5) Mengomunikasikan
Siswa menceritakan kegiatannnya menanam bunga dan sayur di rumah, kemudian mempraktekkan cara menyiram bunga dan membersihkan daun kering di lingkungan sekolah
c. Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu memelihara flora, ciptaan Allah.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
3. Guru mengajak peserta menutup pertemuan berdoa bersama
I. Penilaian
1. Sikap Spiritual
a. Tehnik : Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi :
|
No |
Sikap/ nilai |
Butir instrument |
|
1. |
Kagum akan Allah |
1 |
|
2. |
Kagum dengan keberagaman flora |
1 |
|
3. |
Kagum dengan keberagaman fauna |
1 |
|
4. |
Mensyukuri karunia Allah |
1 |
|
5. |
Sukacita merawat flora |
1 |
|
6. |
Sukacita merawat fauna |
1 |
|
7. |
Kagum akan proses penciptaan |
1 |
|
8. |
Mensyukuri proses penciptaan |
1 |
Instrumen :
Penilaian Sikap Spiritual :
Petunjuk : Nilailah dirimu sendiri: seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam kehidupanmu sehari-hari
4= selalu
3= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2= kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1=tidak pernah
|
Nomor |
Pernyataan |
Nilai |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1. |
Kagum akan Allah |
|
|
|
|
|
2. |
Kagum dengan keberagaman flora |
|
|
|
|
|
3. |
Kagum dengan keberagaman fauna |
|
|
|
|
|
4. |
Mensyukuri karunia Allah |
|
|
|
|
|
5. |
Sukacita merawat flora |
|
|
|
|
|
6. |
Sukacita merawat fauna |
|
|
|
|
|
7. |
Kagum akan proses penciptaan |
|
|
|
|
|
8. |
Mensyukuri proses penciptaan |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Nilai:
7 -12 = Kurang
13-18 = Cukup
19-24= Baik
25-32 = Sangat Baik
2. Sikap Sosial
a. Tehnik : Observasi
b. Bentuk Instrumen : lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
|
No |
Sikap/ nilai |
Butir instrument |
|
1. |
Tidak merusak folra dan fauna |
1, 2 |
|
2. |
Merawat flora |
3, 4, 5 |
|
3. |
Merawat fauna |
6, 7 |
Penilaian Sikap Sosial
4= selalu
3= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2= kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1=tidak pernah
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir Instrumen |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1 |
Tidak merusak folra dan fauna |
1. Tidak memetik bunga sembarangan 2. Tidak menyakiti fauna |
|
|
|
|
|
2 |
Merawat flora |
3. Menyiram bunga 4. Memberi pupuk untuk bunga 5. Mengambil daun kering |
|
|
|
|
|
3 |
Merawat fauna |
6. Memberi makan fauna yang dipelihara 7. Membersihkan kandang fauna yang dipelihara |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
||
Nilai:
7 -12 = Kurang
13-18 = Cukup
19-24 = Baik
25-28 = Sangat Baik
3. Pengetahuan
a. Tehnik : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Indikator |
Butir Instrumen |
|
1. |
3.1.1 Menjelaskan gambar urutan penciptaan |
1, 2, 3,4 |
|
2. |
3.1.2 Menjelaskan gambar flora |
5, 6, 7 |
|
3. |
3.1.2 Menjelaskan gambar fauna |
8, 9, 10 |
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan
|
No. |
Butir Instrumen |
Score |
|
1 |
Hari ke berapa Tuhan Allah menciptakan tumbuhan? |
5 |
|
2 |
Hari ke berapa Tuhan menciptakan burung? |
5 |
|
3. |
Hari ke berapa Tuhan Allah menciptakan singa? |
5 |
|
4. |
Kitab apakah yang menceritakan kisah penciptaan? |
5 |
|
5. |
Sebutkan 3 jenis sayur yang kau makan? |
5 |
|
6. |
Sebutkan 3 jenis bunga yang ada di rumahmu ! |
5 |
|
7 |
Sebutkan 3 cara merawat flora! |
5 |
|
8 |
Sebutkan 3 jenis fauna yang bisa dipelihara di rumah! |
5 |
|
9 |
Sebutkan 3 jenis fauna yang ada di kebun binatang ! |
5 |
|
10 |
Sebutkan 3 cara merawat fauna di rumahmu ! |
5 |
|
Score total |
50 |
|
Nilai = Score yang diperoleh x 100
Score total
Konversi Kompetensi Pengetahuan
|
Nilai Angka |
Nilai Pengetahuan/ Keterampilan |
Predikat |
|
91 – 100 |
4 |
A |
|
81 – 90 |
3,66 |
A - |
|
71 – 80 |
3,33 |
B + |
|
61 – 70 |
3 |
B |
|
51 – 60 |
2,66 |
B - |
|
41 – 50 |
2,33 |
C + |
|
31 – 40 |
2 |
C |
|
21 – 30 |
1,66 |
C - |
|
11 – 20 |
1,33 |
D + |
|
1 - 10 |
1 |
D |
4. Ketrampilan
a. Tehnik : Unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen` : Merawat flora
c. Kisi-kisi :
|
No |
Sikap/ nilai |
Butir instrumen |
|
1. |
Merawat flora |
1 – 5 |
Penilaian Ketrampilan:
|
No. |
Indicator penilaian |
Score Total |
|
1. |
Mengisi air di ember dan mendekatkan di dekat bunga |
20 |
|
2. |
Menyiram bunga |
20 |
|
3. |
Memotong daun kering |
20 |
|
4. |
Menyapu daun kering |
20 |
|
5. |
Membuang daun kering ke sampah |
20 |
|
Score total |
100 |
|
Nilai:
1-20 : Kurang
21-50 : Cukup
51-80 : Baik
81-100 : Sangat Baik
Konversi Kompetensi Keterampilan
|
Nilai Angka |
Nilai Pengetahuan/ Keterampilan |
Predikat |
Sebutan |
|
91 – 100 |
4 |
A |
Sangat Baik |
|
81 – 90 |
3,66 |
A - |
|
|
71 – 80 |
3,33 |
B + |
Baik |
|
61 – 70 |
3 |
B |
|
|
51 – 60 |
2,66 |
B - |
|
|
41 – 50 |
2,33 |
C + |
Cukup |
|
31 – 40 |
2 |
C |
|
|
21 – 30 |
1,66 |
C - |
|
|
11 – 20 |
1,33 |
D + |
Kurang |
|
1 - 10 |
1 |
D |
|
Mengetahui Kepala Sekolah
Widi Pranyata, S.Pd NIP. 19630712 199203 1 012 |
Yogyakarta .....………………… Guru Pendidikan Agama Kristen
Dina Kurnia Restanti, S.Si,M.Pd NIP.19830626 201101 2 010 |
Link video pembelajarannya klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar